Sosialisasi Program Praktisi Mengajar 3 UWKS Tahun 2023

Surabaya – Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) mengadakan Sosialisasi Program Praktisi Mengajar 3 secara daring pada Hari Rabu, 12 Juli 2023. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh para wakil dekan bidang akademik, Ketua Program Studi, dan para dosen. Sosialisasi tersebut disampaikan dengan pemaparan secara detail mengenai teknis Program Praktisi Mengajar Tahun 2023 oleh Koordinator MBKM UWKS, Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, M.T., dan PIC Praktisi Mengajar MBKM UWKS, Gigih Pratomo, SE., M.Sc.

Program Praktisi Mengajar adalah satu diantara dari 8 Program Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek. Program ini diluncurkan pada tahun 2022 sebagai salah satu program unggulan dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tujuan dari Program Praktisi Mengajar adalah mendorong kolaborasi aktif antara praktisi ahli dengan para dosen dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas.

Melalui program ini, praktisi akan mengajar di kampus sehingga mahasiswa dapat mengetahui kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Di sisi lain, dosen yang berkolaborasi dengan dunia industri juga akan mengetahui kebutuhan industri dan tantangan yang dihadapi. Program ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja dan industri. Program Praktisi Mengajar ini merupakan bagian dari upaya Kementerian untuk menyahuti perkembangan zaman dan didanai oleh LPDP.

PIC Program Praktisi Mengajar UWKS Angkatan 3 tahun 2023 menjelaskan bahwa program ini sebenarnya adalah membangun ekosistem baru di Indonesia untuk menghadapi tantangan bukan hanya secara nasional, tetapi juga secara global. Program ini fokus pada kolaborasi antara dosen dan praktisi untuk mengajar mahasiswa dan memberikan praktik terbaik yang relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Program Praktisi Mengajar juga membuka peluang bagi praktisi untuk berkolaborasi dan mengetahui realitas di perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengetahui realitas di dunia kerja sehingga dapat meminimalkan kesenjangan antara teori dan praktek di lapangan. Program ini juga berkontribusi dalam memberikan pengaruh positif kepada komunitas.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengundang praktisi terbaik yang relevan untuk membagi keahlian mereka dalam kegiatan mengajar di kampus UWKS melalui Program Praktisi Mengajar. Melalui kolaborasi antara dosen dan praktisi, perguruan tinggi akan mendapatkan pembaruan kurikulum berdasarkan pen

galaman praktisi. Dengan adanya program ini, RPS (Rencana Pembelajaran Semester) akan lebih cepat diperbaharui sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Program ini juga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mendidik dan merekrut tenaga kerja lebih awal, serta membangun branding positif bagi institusi mereka.

Program ini penting tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga bagi para

dosen. Interaksi antara dosen dan praktisi akan memperkaya wawasan dan memperbarui pengetahuan dosen mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan industri terkini. Dengan kolaborasi yang baik antara dosen dan praktisi, kurikulum yang disampaikan akan lebih relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Pendaftaran akun dosen Program Praktisi Mengajar akan ditutup pada tanggal 15 Juli 2023. Dosen diharapkan segera mendaftarkan mata kuliah yang akan mereka ajarkan. Agenda Program Praktisi Mengajar angkatan 3 tahun 2023 akan dimulai pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024, seperti yang diimbuhkan oleh PIC Program Praktisi Mengajar UWKS. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman

https://dashboard.praktisimengajar.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/auth/login.

Add a Comment

Your email address will not be published.