Perkenalan Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 (PMM3) Tahun 2023

Surabaya – Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menggelar kegiatan sambut mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung secara daring pada hari Selasa, 1 Agustus 2023, sebagai bagian dari upaya untuk membentuk sikap-sikap mahasiswa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020. Dalam Permendikbud tersebut, sikap yang ditekankan antara lain menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

Koordinator MBKM UWKS, Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, M.T., memulai kegiatan dengan memberikan pemaparan singkat tentang program PMM 3 Tahun 2023. Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Hary Sastrya Wanto, MS, memberikan sambutan dan menjelaskan tentang UWKS secara lebih mendalam. Dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Dr. Ir. Endang Noerhartati, MT, yang mengungkapkan prestasi-prestasi di UWKS dan kebudayaan yang ada di lingkungan kampus.

Acara sambut mahasiswa PMM UWKS juga mencakup perkenalan dari tim pelaksana PMM UWKS, para Kaprodi di UWKS, Kepala BAKH, Ketua PPKS, dan Dosen Modul Nusantara. Setelah itu dilanjutkan perkenalan oleh masing-masing mahasiswa inbound PMM 3 di UWKS. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada mahasiswa peserta PMM tentang lingkungan kampus, potensi prestasi, dan keberagaman budaya yang ada di UWKS.

Program Pertukaran Mahasiswa (PMM) Merdeka Tahun 2023 merupakan inisiatif pemerintah untuk memfasilitasi pertukaran mahasiswa di dalam negeri selama satu semester. Melalui program ini, para mahasiswa dipersilakan untuk belajar di Perguruan Tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia. Para mahasiswa peserta PMM akan mendapatkan pengakuan kredit hingga 20 kredit selama masa pertukaran ini. Selain itu, mereka juga dapat merasakan secara langsung keragaman budaya nusantara, baik melalui materi kuliah maupun kegiatan praktik.

Pada PMM3 di UWKS, tercatat ada 58 mahasiswa inbound yang bergabung dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan bergabung dengan mahasiswa lokal di UWKS untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan budaya, sehingga diharapkan pertukaran ini dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya dan memperkaya pengalaman belajar mereka.

Dengan semangat dan harapan yang tinggi, para mahasiswa PMM3 yang datang ke Universitas Wijaya Kusuma Surabaya siap mengikuti program pertukaran ini dan berkontribusi dalam pembentukan generasi penerus bangsa yang memiliki kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan dan kemajuan Indonesia ke depannya.

Add a Comment

Your email address will not be published.