Bimbingan Teknis Penyusunan RPS 8 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM – PKKM UWKS 2022

Pada masa seperti ini, kreativitas dan inovasi menjadi kunci penting untuk kepastian pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Kerja keras pihak terkait demi mempersiapkan para mahasiswa menjadi pribadi yang terampil, lentur dan ulet. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sesuai Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Mahasiswa berhak untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. Keyakinan dari kebijakan ini  didasari pada pembelajaran yang dapat terjadi di manapun, tidak terbatas di ruang kelas, laboratorium maupun perpustakaan tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, pusat riset maupun di masyarakat. Untuk mendukung kegiatan tersebut, maka diperlukan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berkualitas.

RPS merupakan satu diantara instrumen pokok dalam kelengkapan kurikulum MBKM agar bisa terlaksana dengan penuh. Prodi-prodi di UWKS sudah memakai kurikulum berbasis MBKM, namun ada beberapa RPS yang masih belum sempurna dalam pembuatannya. Hal tersebut berakibat Ketika pelaksanaan masih terjadi kesimpangsiuran dan dikhawatirkan akan mengurangi muatan keahlian khusus dalam prodi dalam membentuk mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu prodi. Untuk penyelesaian masalah tersebut maka Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) melalui hibah program kompetisi kampus merdeka (PKKM) melakukan bimbingan teknis Penyusunan RPS 8 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM yang dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2022 dengan narasumber Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT.

Tujuan penyelenggaraan bimtek penyusunan RPS ini adalah menyelesaikan kurikulum MBKM beserta instrumen nya dalam pelaksanaan kegiatan MBKM, sehingga mempermudah pelaksanaan MBKM dengan tetap mengacu pada keahlian khusus masing masing prodi dan dapat mengimplementasikan langsung di luar kampus dan mendapatkan pengalaman lebih ketika lulus. juga menambah muatan softskill mahasiswa tersebut dimasukkan dalam RPS MBKM setiap prodi di lingkup UWKS.

Add a Comment

Your email address will not be published.