Sosialisasi Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023

Surabaya – Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) melakukan kegiatan Sosialisasi Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023 pada tanggal 21 Maret 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 6 Program Studi (Prodi) yaitu Ilmu Perpustakaan, Kesejahteraan Sosial, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Ekonomi Pembangunan.

Acara dimulai dengan pengarahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Hary Sastrya Wanto, MS, yang memberikan penjelasan mengenai tujuan dan manfaat dari program akselerasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan tinggi yang mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023. Selain itu, beliau juga menyampaikan strategi-strategi yang akan dilakukan oleh UWKS dalam mengimplementasikan program tersebut.

Setelah pengarahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik, dilanjutkan dengan pemaparan materi dalam penyusunan proposal Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi yang mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023 oleh Koordinator MBKM UWKS, Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, M.T.

Kegiatan ini disiapkan dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan dunia kerja yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0 serta ketidakpastian global yang sedang melanda dunia dan tidak terkecuali Indonesia, maka kompetensi lulusan pendidikan tinggi harus selalu diperkuat dan diperjelas relevansinya terhadap kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).  Untuk mencapai hal tersebut, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan melakukan transformasi kebijakan melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Dalam rangka mewujudkan keberlanjutan dan kemandirian dalam melaksanakan program MBKM diperlukan kurikulum program studi yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif, serta dirancang untuk memfasilitasi mahasiswanya mengikuti berbagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM. Untuk itu, merespon kebutuhan program studi untuk melakukan rekonstruksi ataupun reorientasi kurikulumnya, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuka kesempatan kepada perguruan tinggi program Sarjana di jenis pendidikan akademik, untuk mengajukan proposal Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh sivitas akademika UWKS dapat memahami dan mengimplementasikan program akselerasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan tinggi yang mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023 dengan baik. Hal ini akan memperkuat peran UWKS dalam menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di era globalisasi.

Add a Comment

Your email address will not be published.