Sosialisasi MBKM pada PKKMB UWKS 2022

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 05 – 09 September 2022. Berbagai kegiatan pengenalan awal didapatkan oleh mahasiswa baru secara holistik. Satu diantara materi kegiatan yang didapatkan adalah sosialisasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang diimplementasikan di UWKS. Kegiatan sosialisasi disampaikan langsung oleh Koordinator MBKM UWKS yaitu Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, MT.

Kampus Merdeka yang menjadi program unggulan dari kebijakan merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia telah membuka mindset lingkungan perguruan tinggi. UWKS sebagai pelopor kampus merdeka telah menerapkan kurikulum merdeka belajar sejak tahun 2020. UWKS telah berhasil lolos dalam berbagai program hibah MBKM seperti Kerja Sama dan Implementasi MBKM, Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat, hingga Program Kompetisi Kampus Merdeka.

Tentunya program ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi mahasiswa, karena program kampus merdeka akan memberikan 8 pilihan hak belajar tiga semester kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan sesuai dengan passion mereka.

Berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat (1), kegiatan yang dapat dilakukan di dalam program studi dan di luar program studi meliputi: (1) Pertukaran pelajar; (2) Magang/praktik kerja; (3) Asistensi mengajar di satuan pendidikan; (4) Penelitian/riset; (5) Proyek kemanusiaan; (6) Kegiatan wirausaha; (7) Studi/proyek independent; dan (8) Membangun desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Add a Comment

Your email address will not be published.