Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021-UWKS

Berdasarkan Keputusan Ditjen Dikti, No.2861/E2/KM.07.00/2021, tanggal 26 Juni 2021, UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi PeLaksana Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021. Ditemui disela-sela kegiatannya Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, MT. menyampaikan bahwa Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa siap kerja melalui pembelajaran yang merepresentasikan dunia usaha dan dunia industri. Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia merupakan program penunjang Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang berbentuk short course yang dapat dikonversi alih kredit sebanyak 3 sks.

“Program short course ini akan dilaksanakan pada bulan Juli dengan melibatkan seluruh mahasiswa UWKS dan mahasiswa luar UWKS. Tim pelaksana KMMI UWKS Tahun 2021 telah menyiapkan 11 short course dengan 22 kelas, setiap kelas diisi 40 mahasiswa. Short course ini dilaksanakan selama 10 minggu. Program ini mengedepankan praktik dan kerja lapangan” tambah Dr. Ir. Endang Retno Wedowati, MT, pelaksana program KMMI UWKS.

Berikut daftar course yang disetujui serta daya tampung mahasiswa setiap course:
1. Pra Start-up: Membangun Perusahaan Rintisan bagi Calon Wirausaha Muda (120 mhs)
2. Desain dan Build Web (80 mhs)
3. Digital Media and Marketing Strategies (120 mhs)
4. Investasi dan Pasar Modal (80 mhs)
5. Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan Blender (40 mhs)
6. Desain Asset dan Karakter 3D untuk Permainan (40 mhs)
7. Game Development Using Unity 3D (40 mhs)
8. Upgrading Knowledge Data dengan Software STATA (80 mhs)
9. Basic Finansial Accounting from Insight to Impact (80 mhs)
10. Mahir Brevet A dan e-SPT (120 mhs)
11. Mastering Business Data Analytic for Decision Making (80 mhs)

Untuk mendukung pelaksanaan program KMMI UWKS Tahun 2021 ini BP3 berkolaborasi dengan UPT TIK UWKS dalam menyiapkan sistem LMS (Learning Management System) yang sesuai dengan program course. Pelaksanaan proses pembelajaran course dilakukan secara daring dan di luar jadwal mata kuliah yang diampu mahasiswa.

Pelaksanaan Program KMMI dilaksanakan pada bulan juli dengan merekrut mahasiswa UWKS dan mahasiswa luar UWKS, perekrutan mahasiswa dilakukan secara online dengan melibatkan PT-PT mitra. Seluruh mahasiswa UWKS dan luar UWKS jenjang S1 Non Vokasi dapat mengikuti program ini.(/red-sumber https://uwks.ac.id/)